Caleg Ijazah Paket C Tanjabbar Dominasi Partai Besar

calegKuala Tungkal -Puluhan calon legislatif (caleg) yang tercatat dalam daftar calon tetap (DCT) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2014, disinyalir di dominasi dengan latar belakang pendidikan Paket C, dan memiliki ijazah setingkat SLTA.

Ketua Divisi Hukum KPU Tanjab Barat, Ahmad Hadzik, mengungkapkan,dari beberapa jumlah data caleg yang masuk dalam DCT, di antaranya berlatar-belakang memiliki ijazah paket C.

”Kalau tidak salah ada 35 Caleg yang mengunakan Paket C.” dari 35 itu caleg dari partai Demokrat yang terbanyak, ada 5 caleg dari Demokrta mengunakan Paket C, kalau partai lainnya bervariasi ada satu sampai tiga.

Persentasenya, memang paling banyak Sarjana.Karena syarat minimalnya adalah lulusan SMA dan paket C yang setara dengan SMA,” jelasnya, Senin (10/3).

Ketika disinggung terkait kemungkinan adanya pembekalan untuk para caleg, Divisi Hukum KPU ini menyebutkan, hal tersebut bukan berada di wewenang KPU. Pembekalan biasanya dilakukan setelah para caleg tersebut terpilih dalam pileg.

“Untuk masalah pembekalan kepada caleg terpilih itu bukan wewenang kami, melainkan dari sekwan (sekretaris DPRD, red). Karena setelah pemilu itu sudah di luar tanggung jawab KPU,” katanya.

Sementara itu ia mengakui dalam aturan memang diperbolehkan bagi para bakal caleg untuk menggunakan ijazah SMA atau yang setara. Karena itu, dia menegaskan, ijazah paket C pun diperbolehkan.

“Iya itu sah saja, pada hakikatnya sama saja,” tegas Ahmad hadzik.(infojambi.com) – dilihat 169 kali

Editor : | dalam : |
Berikan Komentar via Facebook :